Selain Mentega Putih, Kenali Juga Jenis-jenis Lainnya Dalam Pembuatan Kue

Dekorasi kue umumnya memiliki tampilan yang bagus dan juga rasa nikmat sebenarnya berkat peran dari mentega putih di dalamnya, karena ia biasa digunakan sebagai shortening untuk pembuatan kue. Bahan makanan yang satu ini tentunya sudah sangat familiar untuk Anda bukan, apalagi bukan hal yang sulit untuk menemuinya di pasaran. Bahan baku pembuatan kue yang banyak manfaat selain menambah cita rasa makanan jadi semakin gurih.

Selain Mentega Putih, Kenali Juga Jenis-jenis Lainnya Dalam Pembuatan Kue

Mentega dibuat dari bahan dasar lemak, itulah mengapa cita rasa makanan yang dicampur dengan kombinasi bahan ini didalamnya akan menjadi lebih gurih. Dalam pembuatan kue sendiri pada dasarnya lemak memang memiliki peran yang sangat penting, karena akan membuat tekstur dari makanan tersebut jadi lembut dan rasanya gurih. Ada beragam jenis lemak yang umum dipakai dalam pembuatan kue, diantaranya adalah:

  1. Mentega, butter ini pastinya yang paling sering Anda jumpai, terbuat dari lemak susu sapi yang dipadatkan, butter ini terbagi atas 2 jenis diantaranya adalah unsalted butter atau mentega putih, dikenal juga sebagai mentega tawar. Kemudian juga jenis yang lainnya adalah salted butter atau mentega asin, dimana di dalam pembuatannya ditambah juga dengan garam yang membuat cita rasanya lebih gurih.
  2. Margarin, sebenarnya dari segi rupa margarin ini hampir sama dengan mentega, hanya saja ia terbuat dari lemak nabati, sehingga lebih sehat, biasanya digunakan sebagai bahan campuran untuk pembuatan makanan, menumis atau sejenisnya.
  3. Roombutter, ini adalah mentega yang melibatkan proses fermentasi sehingga jika dilihat dari segi teksturnya sendiri memang lebih lunak dan juga aromanya lebih tajam atau wangi, harganya sendiri juga sedikit lebih mahal.
  4. BOS, dikenal juga sebagai butter oil substitute bahan pembuatannya adalah lemak nabati yang telah dimurnikan atau dihilangkan baunya, karena tidak terdapat kandungan garam maka rasanya sendiri juga tawar.

Jadi meskipun tampilannya agak mirip, sebenarnya fungsi semuanya berbeda-beda. Penting mengenal masing-masing pemakaian mentega putih, margarin, roombutter dan yang lainnya agar tidak salah pakai. Beli produk-produk tersebut untuk pembuatan makanan ini di Tokowahab.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Selain Mentega Putih, Kenali Juga Jenis-jenis Lainnya Dalam Pembuatan Kue