6 Makanan Khas Banyuwangi Yang Akan Bikin Anda Ketagihan

Tak lengkap rasanya liburan tanpa wisata kuliner. Banyuwangi memiliki banyak pilihan makanan khas yang wajib menjadi incaran pecinta kuliner. Kelezatannya dijamin akan membuat ketagihan. Tak hanya lezat, makanan khas Banyuwangi juga banyak yang unik-unik. Terbuat dari bahan makanan yang tak biasa namun tetap lezat di lidah. Memang, banyaknya variasi makanan khas Banyuwangi akan sedikit membuat bingung menentukan mana dulu yang harus dicicipi. Tak perlu khawatir, artikel ini sudah mengumpulkan 6 rekomendasi makanan khas Banyuwangi untuk memulai perjalanan kuliner anda. Simak penjelasan berikut.

Sego Cawuk

Sego Cawuk

Sumber: https://www.idntimes.com/

Jika anda mencari sebuah hidangan nasi dengan sentuhan yang berbeda, anda harus mencicipi Sego Cawuk. Nasi yang dicampur dengan kuah dan parutan kelapa akan menyambut lidah anda dengan rasa gurih yang lezat. Bukan hanya itu, anda juga akan dikejutkan dengan teksturnya yang lembut. Hidangan ini juga biasanya dilengkapi dengan berbagai lauk pauk yang lezat, seperti dendeng, pepes ikan, telur, sayur-sayuran, dan lalapan. Anda pastinya akan ketagihan dengan rasa yang lezat nan unik.

Rujak Soto

Rujak Soto

Sumber: https://www.indonesiakaya.com/

Mungkin rujak dan soto terdengar sangat tidak biasa jika disatukan. Tetapi di Banyuwangi rujak dan soto disatukan menjadi sebuah hidangan khas yang cukup menarik. Perpaduan kesegaran rujak dan rasa gurih kuah soto akan membuat anda terkejut betapa lezatnya hidangan ini. Ditambah lagi dengan daging babat dan telur puyuh yang akan melengkapi hidangan rujak soto anda. Dijamin akan membuat anda ingin memesan lagi dan lagi.

Bagiak

Bagiak

Sumber: https://kumparan.com/

Bagiak adalah kue cemilan khas Banyuwangi terbuat dari tepung sagu yang diolah secara khusus. Bentuknya yang terlihat keras, akan memberikan anda kejutan dengan tekstur yang ternyata cukup lembut. Untuk rasanya sendiri, Bagiak tersedia dengan berbagai varian rasa. Seperti Nangka, keju, pandan, vanila, dan lainnya. Bahkan ada rasa durian bagi anda yang pecinta durian. Bagiak sangat cocok sebagai oleh-oleh anda dari Banyuwangi atau hanya sekedar menikmati sore di kota Banyuwangi.

Ladrang Sabrang

Cemilan satu ini menyimpan sebuah keunikan yang cukup mengejutkan para pecinta kuliner. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang lezat akan membuat anda tidak akan menyangka bahwa Ladrang Sabrang sangat berkhasiat untuk kesehatan anda. Cemilan berbahan dasar ubi ungu ini dikatakan dapat menyembuhkan kanker, obesitas dan diabetes. Menakjubkan bukan? Dan untuk anda yang sedang diet, Ladrang Sabrang adalah cemilan yang dijamin tidak akan merusak diet anda.

Botok Tawon

Botok Tawon

Sumber: https://www.yukbanyuwangi.co.id/

Sarang tawon/lebah mungkin adalah sesuatu yang tidak umum untuk dijadikan bahan makanan. Tetapi, Banyuwangi berhasil membuat sebuah hidangan dari bahan eksotis dan unik ini. Memang terlihat sangat ekstrim, namun kelezatan hidangan ini tidak diragukan. Pilihan yang cocok bagi anda yang suka tantangan untuk mencoba hal-hal yang unik. Tetapi anda memang perlu untuk merogoh kantong lebih dalam jika ingin menikmati hidangan eksotis ini.

Dodol Salak

Mungkin anda kenal dengan kue tradisional dodol. Dodol Salak memang seperti kue dodol biasa. Tetapi rasa salak yang dimilikinya menjadi sesuatu hal yang spesial pada kue khas Banyuwangi satu ini. Lezatnya manis dodol salak akan membuat anda tidak bisa berhenti mengkonsumsi kue ini. Dodol Salak juga sangat cocok untuk menjadi oleh-oleh yang bisa anda bawa pulang dari Banyuwangi.

6 Makanan Khas Banyuwangi Yang Akan Bikin Anda Ketagihan

Menggiurkan bukan? Wisata kuliner Banyuwangi pastinya akan membuat waktu anda di Banyuwangi sangat menyenangkan. Tetapi, jangan lupa lengkapi liburan anda dengan mengunjungi destinasi wisata Banyuwangi lainnya yang juga sangat menarik. Untuk mempelajari lebih lanjut, silahkan kunjungi Wonderful Indonesia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 6 Makanan Khas Banyuwangi Yang Akan Bikin Anda Ketagihan