Sebagai Antisipasi, Kenali Tiga Tingkat Keparahan Luka Bakar yang Sering terjadi


Luka bakar termasuk cedera yang bisa terjadi kapan saja. Penyebabnya bermacam-macam, bisa karena setrika, terciprat air atau minyak panas, terkena api atau bahkan terkena knalpot motor dan mobil. Mengingat faktor penyebab luka bakar yang begitu dekat dengan kegiatan sehari-hari, maka tak ada salahnya jika Anda selalu menyediakan obat luka bakar di rumah.

Sebagai Antisipasi, Kenali Tiga Tingkat Keparahan Luka Bakar yang Sering terjadi

Anda bisa membuka https://www.goapotik.com/promo/obat-luka-bakar-paling-ampuh-dan-obat-luka-bakar-parah jika ingin mendapatkannya. Tapi, selain menyediakan obat, Anda juga perlu mengetahui 3 tingkatan keparahan luka bakar. Karena sebenarnya penanganan  luka bakar tergantung pada tingkat keparahan ini. Adapun 3 tingkat keparahan luka bakar yang dimaksud ialah sebagai berikut.

Tiga Tingkat Keparahan Luka Bakar yang Perlu Diketahui

1. Derajat Satu
Derajat satu adalah tingkat yang paling ringan dan paling mudah diobati. Pada tingkatan ini, luka bakar disebut dengan luka bakar superficial karena luka hanya mengenai lapisan kulit paling luar. Ciri-cirinya terdiri atas kulit tampak kemerahan, terjadi peradangan ringan, rasa nyerinya masih bisa ditahan dan kulitnya mengelupas terutama saat luka mulai sembuh.

Cara menangani luka bakar superficial ialah dengan mengalirkan air dingin pada luka kira-kira selama 5 menit. Jangan dikompres dengan es batu ya supaya luka tidak bertambah parah. Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya supaya kulit yang memerah bisa lebih tenang.

Bisa juga dengan menggunakan obat antibiotik yang beberapa diantaranya bisa Anda peroleh melalui apotek online.

2. Derajat Dua
Pada tingkat ini, tanda-tandanya terdiri atas kulit memerah, terasa perih dan melepuh. Bagian luka bakar tampak basah serta mengkilap dan bahkan bisa memicu jaringan parut bernanah. Cara penanganannya ialah dengan mengalirkan air dingin pada kulit yang melepuh sekitar 15 menit. Dan Anda juga bisa mengkonsumsi ibuprofen atau paracetamol untuk meredakan rasa nyeri.

3. Derajat Tiga
Ini adalah tingkat yang paling parah dengan ciri-cirinya ialah tampak area coklat gelap atau putih pada kulit, kulit juga terasa kasar dan terkelupas serta terdapat penebalan kulit yang mirip seperti lilin. Untuk penanganannya, tidak disarankan dilakukan secara pribadi. Sebaiknya segera bawa ke rumah sakit supaya luka segera ditangani oleh dokter.

Pada luka bakar derajat satu dan dua di atas, setelah diberikan tindakan, sebaiknya luka ditutup dengan kain kasa supaya area luka tetap bersih. Hindari menutup luka dengan kapas karena seratnya bisa menempel pada luka dan memicu infeksi. Tapi untuk luka bakar derajat tiga, seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, penanganannya diserahkan kepada pihak medis langsung. Semoga bermanfaat. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sebagai Antisipasi, Kenali Tiga Tingkat Keparahan Luka Bakar yang Sering terjadi