6 Jenis Sirup Buah Yang Nikmat Dan Kaya Manfaat

Pada saat cuaca panas seperti ini, memang paling nikmat jika minum minuman yang segar seperti es sirup. Ya, siapa yang tidak suka dengan jenis minuman satu ini, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa banyak yang suka. Sirup merupakan olahan dari berbagai buah yang biasanya dicampurkan dengan bahan lain seperti gula agar cita rasanya semakin nikmat, biasanya jenis buah yang bisa diolah menjadi sirup adalah buah yang memiliki banyak kandungan air dan memiliki rasa asam atau manis, misalnya jeruk, leci, anggur, strawberry dan lainnya.

6 Jenis Sirup Buah Yang Nikmat Dan Kaya Manfaat

Di Indonesia sendiri, ada beberapa jenis sirup khas yang menarik untuk dicoba dan bisa dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh. Berikut sebagian diantaranya:

1. Sirup Mangrove
Tidak banyak yang tahu bahwa tanaman Mangrove juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan olahan sirup yang nikmat, seperti salah satu sirup Mangrove yang berasal dari Desa Wonorejo, Rungkut Surabaya. Sirup Mangrove biasanya dijual di beberapa toko oleh-oleh khas Surabaya, tampilan warna sirup yang hijau sangat menggugah selera. Rasa sirup ini dominan asam manis dan banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

2. Sirup Kawista
Ada yang tahu dengan buah Kawista? Jenis buah ini masih termasuk dalam suku jeruk namun memiliki karakter kulit luar yang keras sehingga perlu tenaga ekstra untuk membukanya. Jadi, jangan heran jika ketika orang ingin menyantap buahnya, harus dilempar atau dibanting terlebih dahulu buahnya agar kulit luarnya bisa pecah dan terbuka. Buah Kawista ini juga dimanfaatkan untuk pembuatan bahan sirup lho!

3. Sirup Jeruk Nipis
Siapa yang tidak kenal dengan buah satu ini? Buah dengan cita rasa asam ini memiliki segudang manfaat, mulai dari kecantikan hingga kesehatan. Pemanfaatan jeruk nipis kini tidak hanya sebatas untuk bahan campuran obat saja, tetapi juga sudah dimanfaatkan untuk pembuatan sirup yang segar dan nikmat. Sirup jeruk nipis yang 100% terbuat dari buah asli tanpa bahan campuran lain menjadikan sirup jeruk nipis, tidak hanya sebagai minuman nikmat tetapi juga berkhasiat. Penasaran ingin mencoba? Jual harga sirup jeruk nipis cukup terjangkau untuk per botolnya.

4. Sirup Bangau
Dari namanya, sirup satu ini memang unik karena justru menggunakan nama hewan yaitu Bangau. Tapi jangan salah! Soal rasa, sirup bangau tidak kalah nikmat lho dengan jenis sirup lainnya. Sirup ini memiliki beberapa pilihan rasa, salah satu yang cukup banyak diminati adalah rasa pisang ambon. Rasa sirup yang nikmat dan eksotis cocok dijadikan sebagai teman bersantai atau bisa juga dijadikan pelengkap kudapan lain seperti campuran es buah, pudding, jus dan lainnya.

5. Sirup Leci
Tidak hanya jeruk, buah leci juga salah satu buah dengan kandungan air dan vitamin C yang tinggi, sehingga tidak heran jika banyak orang yang mengolahnya sebagai bahan untuk membuat sirup. Sirup leci yang memiliki warna putih dan rasa asam yang segar, sangat pas dipadukan dengan bahan lain seperti buah-buahan. Sirup leci juga dapat diolah sebagai bahan campuran membuat pudding agar rasanya lebih nikmat.

6. Sirup Kurma
Untuk bisa menikmati buah kurma, kini bisa dalam bentuk minuman karena sudah ada sirup kurma siap santap. Rasa kurma yang manis memang pas diminum saat cuaca sedang panas dan kondisi tubuh lemas. Khasiat kurma yang bagus untuk pertahanan daya tahan tubuh dan meningkatkan kadar darah, sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang memiliki keluhan berupa badan lemas dan darah rendah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 6 Jenis Sirup Buah Yang Nikmat Dan Kaya Manfaat