Jenis Aki Motor Bergaransi di Pasaran

Aki motor bergaransi memang tidak ada kaitannya dengan jenis aki yang ada pada umumnya. Namun membicarakan jenis aki motor yang akan anda pakai juga memerlukan pertimbangan yang semestinya. Pasalnya berdasarkan kualitas kinerjanya, aki motor bergaransi ini memiliki jenis yang berbeda dan ada beragam. Adanya beragam jenis aki motor ini juga banyak menjadi kebutuhan bagi pengguna aki yang sesuai dengan kebutuhan pengguna itu sendiri. Nah diantara jenis aki  motor yang ada adalah sebagai berikut :

Jenis Aki Motor Bergaransi di Pasaran

1. Aki MF. Aki Mf ini maksudnya adalah maintenance free yang mana aki ini tidak memerlukan perawatan yang rumit dan bisa dibilang bahkan tanpa perawatan khusus apapun. Pada jenis aki lainnya tentu dalam setiap waktu tertentu anda diharuskan untuk tetap melakukan pengecekan dari tingginya air yang ada pada aki tersebut. aki jenis ini juga seringkali dikenal dengan sebutan aki kering. Aki jenis ini memiliki jenis segel yang memiliki kekuatan yang sangat bagus. Adanya segel ini berfungsi sebagai penahan proses menguapnya larutan elektrolit yang ada pada aki tersebut. jenis aki ini juga menjadi aki yang cocok untuk anda yang ingin menambah beban dari daya listrik motor. Dengan kelebihan yang ada pada aki ini maka sudah tak mengherankan jika harganya terbilang lebih tinggi dibanding jenis aki lainnya. Masa penggunaannya juga terbilang lebih singkat dibanding aki lainnya.

2. Aki basah. Aki basah ini bisa dibilang merupakan kebalikan dari aki kering atau aki MF di atas. Secara segi harga pun aki ini memiliki harga yang lebih terjangkau dibanding aki kering. Namun secara kualitas aki basah tidak sebagus aki kering. Aki basah memang bisa digunakan lebih dari sekali pemakaian. Akan tetapi anda sebagai pemakainya harus selalu rajin untuk membawanya pada bengkel perawatan aki. Anda juga perlu selalu melakukan pengecekan terhadap tinggi air pada aki. Hal ini karena air aki basah ini akan lebih sering dan lebih cepat menguap dibanding aki kering.

3. Aki hybrid. Secara umum, aki hybrid ini merupakan aki motor bergaransi yang banyak digunakan oleh masyarakat selain jenis aki lainnya. Pasalnya kualitas aki yang satu ini lebih baik dari aki basah secara ketahan lamanya. Hal ini karena aki hybrid memiliki sistem penguapan yang lebih kecil dari pada sistem penguapan pada aki basah yang lebih sering terjadi. Namun satu hal yang penting untuk anda ketahui adalah aki ini memiliki kandungan elektrolit yang akan sangat berbahaya dan beresiko jika elektrolit ini sampai mengenai bagian pada tubuh aki tersebut.

4. Aki gel. Nah aki gel ini menjadi jenis aki yang banyak diinginkan oleh para pemiliki motor kebanyakan. Namun pada kenyataannya belum banyak yang menyediakan aki gel tersebut. hal ini karena aki gel merupakan salah satu bentuk inovasi terbaru yang ada di dunia otomotif. Kandungan elektrolit yang secara umum cair, maka pada jenis gel ini elektrolitnya berbentuk gel. Sehingga bisa anda bayangkan sendiri betapa awetnya dan amam terkendali tanpa takut tumpahnya elektrolit yang dimiliki aki yang satu ini.

Nah dari beberapa jenis aki motor bergaransi di atas maka kini tentunya anda semakin paham apa saja jenis aki yang ada di pasaran seara umum dan bagaimana kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh beberapa jenis aki yang berbeda-beda tersebut.

Aki motor bergaransi pada umumnya akan diberikan pada setiap pembeli yang akan menggunakan aki tersebut. dengan adanya garansi aki motor tersebut maka tidak heran jika ada semakin banyak orang diuntungkan dengan adanya garansi aki tersebut. namun yang perlu anda pahami dan anda perhatikan dengan baik adalah anda harus bisa menjaga garansi aki yang ada dengan baik dan benar.

Ada banyak orang yang akhirnya harus kehilangan garansi aki motornya karena ia tidak memperhatikan betul aturan pada aki motor bergaransi yang ia dapatkan tersebut. salah satu sebab umum yang sering terjadi adalah masalah administrasi saat melakkukan pembelian aki motor bergaransi tersebut. setiap bengkel akan memiliki aturan adminitrasi tertentu yang mengharuskan anda melakukan pengecekan dan perawatan pada aki yang anda miliki tersebut. dalam batas waktu yang tidak anda penuhi tersebut maka garansi aki motor yang anda miliki bisa hilang alias hangus. Anda pun tidak bisa menggunakan garansi aki motor anda tersebut lagi.

Adapun penyebab lain yang sering terjadi dari hangusnya garansi pada pembelian aki motor bergaransi kebanyakan adalah karena kesalah pahaman dari si pemilik garansi. Si pemilik garansi menggunakan garansi untuk motor yang tadinya tidak terdaftar sebagai motor pengguna garansi aki. Hal inilah yang menjadikan hilangnya hak garansi aki yang anda miliki. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jenis Aki Motor Bergaransi di Pasaran