Apa Saja Keuntungan Asuransi Travel Dan Bagaimana Cara Klaim Asuransi Travel?

Jalan-jalan merupakan sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan, anda dapat melepas stres dan menikmati tempat-tempat yang baru. Traveling tidak hanya dilakukan di dalam negeri saja, namun juga dapat dilakukan di luar negeri. Anda dapat pergi ke Eropa, Asia, Australia, Amerika Serikat atau negara-negara lainnya untuk menikmati pemandangan alam, pemandangan kota ataupun untuk merasakan budaya aslinya. Tidak perlu khawatir apabila tidak ada waktu yang cukup untuk menjelajahi negara-negara lain karena ada banyak long weekend atau libur panjang yang bisa anda manfaatkan, misalnya saja libur lebaran atau hari kejepit di awal atau akhir minggu.


Apa Saja Keuntungan Asuransi Travel Dan Bagaimana Cara Klaim Asuransi Travel?

Liburan sangatlah menyenangkan, akan tetapi jangan sampai lupa menggunakan asuransi travel untuk menjamin kelancaran liburan anda. Asuransi tersebut akan sangat membantu ketika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan ketika anda sedang berlibur. Misalnya saja ketika terjadi kecelakaan, sakit dan lain sebagainya. Tentu sangat repot mengurus segala sesuatu nya, belum lagi biayanya yang sangat mahal apabila anda sampai harus menginap di Rumah Sakit. Dengan adanya asuransi maka setidaknya biaya yang harus anda keluarkan dapat terbantu.

                Selain hal tersebut, apa sajakah keuntungan apabila menggunakan asuransi travel?

·         Biaya Perawatan
Saat musibah datang, entah karena sakit ataupun kecelakaan saat sedang berlibur, anda tidak perlu khawatir terkait biaya yang akan anda keluarkan. Apabila anda sudah menggunakan asuransi travel maka anda harus fokus terhadap kesehatan anda, tidak perlu fokus terkait biaya yang harus anda keluarkan. Apalagi jika anda terkena musibah ketika sedang jalan-jalan ke luar negeri, seluruh biaya yang anda keluarkan dapat ditanggung sebagian atau sepenuhnya oleh pihak asuransi.

·         Sumbangan Kematian
Apabila suatu ketika anda meninggal ketika berlibur, maka pihak asuransi akan memberikan santunan kepada keluarga anda. Misalnya saja ketika pesawat yang anda tumpangi hilang di tengah laut akibat cuaca yang buruk ataupun karena alasan lainnya. Dalam kasus seperti itu, pihak asuransi akan memberikan santunan.

·         Kompensasi Keterlambatan/ Pembatalan Perjalanan
Keterlambatan pesawat tak jarang membuat jadwal kegiatan yang sudah anda susun akhirnya berantakan. Beberapa bahkan menyebabkan perjalanan selanjutnya harus dibatalkan karena apabila pesawat pertama terlambat, maka menyebabkan perjalanan selanjutnya menggunakan pesawat ataupun transportasi umum lainnya terlewati karena secara otomatis anda akan ketinggalan perjalanan selanjutnya. Tentu hal tersebut akan menguras banyak biaya. Dengan adanya asuransi travel maka adanya keterlambatan pesawat atau transportasi lainnya yang menggunakan asuransi, anda bisa mendapatkan ganti rugi.

·         Ganti Rugi Kerusakan/ Kehilangan Bagasi
Rusaknya bagasi atau hilangnya bagasi sudah menjadi suatu hal yang sering terjadi, terutama ketika anda berada di bandara yang tidak memiliki sistem baik. Walaupun isi bagasi hanya berupa pakaian, alat mandi dan juga oleh-oleh, tetap saja anda harus kehilangan barang-barang anda yang tidak murah. Setidaknya dengan menggunakan asuransi travel maka anda bisa mendapatkan ganti rugi dari pihak asuransi terkait bagasi anda yang rusak atau hilang.

·         Ganti Rugi Bencana Alam/ Terorisme
Adanya bencana alam atau tindakan terorisme merupakan suatu hal yang tidak dapat ditebak. Bisa saja ketika anda liburan tidak terjadi apa-apa, keadaan sangat tenang dan damai. Namun bisa juga beberapa lama setelah anda liburan, terjadi bencana alam atau tindakan terorisme di tempat anda liburan. Karena tidak ada yang tahu kejadian seperti apa yang akan terjadi di masa depan, anda bisa menggunakan asuransi agar anda bisa lebih tenang dan nyaman ketika liburan.

                Ada banyak sekali bukan keuntungan dengan menggunakan asuransi ketika anda sedang berlibur? Tapi tahukah anda bagaimana caranya mengurus klaim asuransi tersebut? Pastikan anda sudah membaca isi polis dari asuransi sebelum anda berlibur. Dengan begitu anda sudah tahu kira-kira syarat seperti apa yang harus anda penuhi agar klaim anda dapat diterima. Apabila kejadian yang anda alami sudah sesuai dengan persyaratan yang ada, maka anda tinggal memberikan pemberitahuan secara tertulis kepada pihak asuransi maksimal 2 minggu setelah hari kejadian. Lalu anda diharuskan untuk mengisi berbagai formulir klaim dan juga berbagai dokumen yang dibutuhkan. Beberapa dokumen tersebut adalah fotokopi identitas diri, sertifikat asuransi, tiket perjalanan (jika menggunakan pesawat, maka lampirkan boarding pass) dan dokumen lainnya.

                Sangat mudah bukan untuk melakukan klaim asuransi? Selama anda mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan oleh pihak asuransi ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya saja pemilihan rumah sakit ketika anda mengalami kecelakaan atau sakit, maka tidak ada yang perlu anda khawatirkan. Perjalanan anda akan dijamin lebih menyenangkan dan anda tidak perlu merasa was-was lagi. Jangan sampai lupa memberikan asuransi untuk teman-teman dan juga keluarga anda yang sedang berlibur bersama dengan anda, karena tidak ada yang tahu kapan, dimana dan siapa yang akan mendapatkan musibah saat sedang berlibur.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Apa Saja Keuntungan Asuransi Travel Dan Bagaimana Cara Klaim Asuransi Travel?