8 Jenis Makanan Dan Minuman Yang Baik Dikonsumsi Anak Usia 1 Tahun


Menginjak usia 1 tahun, anak sudah boleh diberikan makanan dengan tekstur yang lebih padat, tidak melulu harus lembek seperti sebelumnya. Dengan catatan, makanan yang diberikan tetap mudah digigit, dikunyah dan dicerna. Anak usia 1 tahun biasanya sudah mulai mengenal rasa, jadi jangan heran jika ia bisa menolak ketika diberikan suatu jenis makanan. Untuk itulah, para ibu harus bisa memvariasikan makanan agar buah hati tidak merasa bosan dengan menu yang itu-itu saja. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebenarnya bagus diberikan, tentunya selain susu pertumbuhan anak usia 1 tahun, adapula makanan nikmat dan sehat untuk si kecil, seperti berikut ini:
8 Jenis Makanan Dan Minuman Yang Baik Dikonsumsi Anak Usia 1 Tahun

1.       Wortel

Untuk menjaga pancaindera si kecil agar tetap dapat melihat dengan baik, maka para ibu dapat memberikan wortel sebagai bahan campuran makanan untuk anak usia 1 tahun. Wortel yang kaya akan vitamin A serta memiliki tekstur yang mudah digigit, sangat cocok untuk dijadikan bahan menu makanan anak. Bunda dapat mengolah wortel menjadi bahan campuran menu sup yang nikmat.

2.       Ikan

Beberapa kandungan nutrisi pada ikan diantaranya protein, kalsium, magnesium dan lemak yang rendah sehingga aman dikonsumsi anak usia 1 tahun. Beberapa jenis ikan bahkan mengandung omega-3 yang baik bagi pertumbuhan si kecil seperti ikan salmon. Saat memberikan ikan, hendaknya ibu tetap memperhatikan hal penting seperti ada tidaknya tulang kecil yang seringkali terdapat pada beberapa bagian ikan. Meski ikan baik dijadikan bagian dari menu makanan anak, tetap perhatikan kualitas ikan, hendaknya pilih ikan yang masih segar dan bebas dari parasit.

3.       Nasi Coklat

Dibandingkan dengan nasi putih yang biasa dikonsumsi sebagian besar masyarakat Indonesia, nasi coklat disebut-sebut lebih bagus terlebih untuk anak usia 1 tahun. Hal ini dikarenakan nasi coklat mengandung protein, mineral dan vitamin B yang tinggi serta karbohidrat kompleks yang ada pada nasi coklat membuat tubuh lebih tahan lama mendapatkan suplai energi.

4.       Ubi

Jika anak mulai bosan dengan menu makanan nasi, tidak ada salahnya untuk memberi si kecil ubi-ubian. Jenis makanan dari ubi juga dapat memberikan rasa kenyang, selain itu ubi mengandung mineral dan vitamin yang baik untuk tumbuh kembang anak.

5.       Daging Ayam

Lengkapi menu makanan anak dengan lauk yang kadar lemaknya aman bagi si kecil. Salah satu yang bisa dijadikan lauk pauk adalah daging ayam. Dibandingkan dengan daging merah, daging ayam memiliki kandungan lemak yang lebih rendah. Pilih bagian dari ayam yang banyak memiliki daging seperti bagian paha dan dada, hindari untuk memilih kulitnya karena justru pada bagian kulit ayam terdapat lemak yang lebih banyak.

6.       Telur

Untuk memenuhi kebutuhan protein dan mineral pada tubuh anak usia 1 tahun, bisa juga dengan cara memberikan menu makanan dari olahan telur. Bisa memilih telur ayam atau telur puyuh yang kadar proteinnya paling tinggi.

7.       Madu

Madu dapat dikatakan sebagai makanan nikmat yang juga berperan sebagai obat. Anak usia 1 tahun sudah boleh diberikan madu, pemberian madu secara rutin tidak hanya baik bagi pertumbuhan anak tetapi juga mampu menjaga kesehatan tubuhnya dari berbagai penyakit.

8.       Susu

Ada banyak jenis susu pertumbuhan anak usia 1 tahun yang bisa dipilih saat ini, ada yang berasal dari susu sapi, susu kedelai dan juga susu kambing. Tidak ada salahnya memberikan susu meski anak masih minum ASI, susu pertumbuhan anak usia 1 tahun semisal susu formula dapat diberikan sebagai selingan. Namun sebaiknya, sebelum memberikan susu selain ASI, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter karena sebagian anak ada yang mengalami alergi terhadap susu tertentu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 8 Jenis Makanan Dan Minuman Yang Baik Dikonsumsi Anak Usia 1 Tahun