Balita dan Ibu Hamil Amankah Makan Mie Instan?

Penikmat mie instan di Indonesia bisa dikatakan sangat banyak, bahkan salah satu dari yang terbanyak di dunia. Makanan satu ini tetap menjadi makanan pilihan dan terfavorit. Penyajian yang cepat, pilihan rasa yang banyak, serta harga yang murah menjadi penyebab kenapa mie instan menjadi begitu favorit bagi rakyat Indonesia. Data mencatat sebanyak 13 miliar bungkus mie instan ludes dalam satu tahun di Indonesia, jumlah tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara terbanyak kedua setelah China dalam hal mengonsumsi mie instan. Tentu saja, dari total 13 miliar bungkus tersebut, ada banyak juga yang dikonsumsi oleh ibu hamil dan balita.

Balita dan Ibu Hamil Amankah Makan Mie Instan?

Pertanyaannya, apakah balita dan ibu hamil aman menikmati mie instan? Ternyata tidak begitu aman, loh. Pertama, kandungan MSG dan garam di dalam mie instan terlampau tinggi, dan berbahaya bagi pertumbuhan bayi dan balita. Juga berbahaya bagi janin dan kesehatan ibu hamil.

Tidak hanya itu, masih ada zat lain yang juga berbahaya bagi ibu hamil dan balita. Zat pengawet dan pewarna di dalam mie instan tentunya berbahaya bagi keduanya. Lantas apakah mie instan benar-benar tidak boleh dimakan oleh keduanya?

Untuk balita, boleh-boleh saja dengan catatan balita tersebut sudah berusia di atas 24 bulan alias 2 tahun. Itupun tidak boleh terlalu sering, usahakan sebulan hanya 1-2 kali saja. Selama masih berusia di bawah 2 tahun, maka berikan saja makanan pendamping ASI. Tentu saja, Anda boleh memberikan makanan lainnya untuk anak Anda yang masih berusia di bawah 2 tahun. Hanya saja, makanan tersebut musti tidak mengandung garam, mengandung sedikit gula, memiliki nutrisi yang cukup dan yang pasti bukan mie instan.

Sedangkan ibu hamil, juga bisa saja menikmati mie instan dengan jumlah hanya 1 atau 2 kali sebulan saja. Tapi, karena mie instan tidak mampu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan ibu dan bayinya, maka Anda musti menambahkan banyak hal di mie Anda. Telur, daging dan sebagainya tentu menjadi hal yang wajib untuk ditambahkan.

Untuk lebih jelasnya, berikut hal yang wajib diperhatikan untuk ibu hamil dan balita ketika menikmati mie instan. Berikut hal-hal yang musti Anda lakukan apabila masih ingin menikmati mie instan dengan aman.

1. Buang air rebusan pertama
Hal ini ditujukan untuk menjadikan zat pewarna dan pengawet bisa diminimalisir dari mie instan yang akan dikonsumsi.

2. Buang bumbunya
Gunakan bumbu sendiri, hindari garam dan tambahkan bumbu alami yang memberikan rasa yang nikmat tapi tidak beresiko.

3. Tambahkan sayur dan daging
Anda bisa menambahkan sayur dan daging, serta telur agar nutrisi dari mie tersebut masih akan menambah asupan yang dibutuhkan tubuh dalam sehari.

4. Gunakan mie rendah kalori
Agar masih bisa minum susu, atau makan nasi untuk tambahan nutrisi, maka gunakan mie rendah kalori. Salah satu mie rendah kalori adalah Fitmee yang saat ini bisa Anda pesan di berbagai online store. Fitmee adalah brand baru mie instan yang sehat dan aman untuk dikonsumsi. Tentunya, tetap harus dibatasi yah.

Jadi, bila ditanyakan apakah ibu hamil dan balita tidak bisa mengonsumsi mie instan, tentu saja bisa. Tapi, perhatikan betul saran dan rekomendasi di atas yah. Daripada sampai terbawa mimpi karena benar-benar ingin makan mie dan tak tercapai. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Balita dan Ibu Hamil Amankah Makan Mie Instan?