Ingin Anak Makin Cerdas, Ini Tipsnya

Agar anak dapat menjadi lebih cerdas, titik pentingnya adalah Anda musti menyiapkan nutrisi yang cukup agar perkembangan otaknya menjadi lebih optimal. Apalagi, ketika anak berada di usia menjelang enam tahun, yang disebut sebagai golden age. Otaknya berkembang dengan cepat, dan menjadikan anak Anda begitu besar rasa ingin tahunya.

Ingin Anak Makin Cerdas, Ini Tipsnya

Kelebihan seorang anak dengan perkembangan kecerdasan yang baik, tentunya akan menjadikan anak tersebut juga sangat baik proses pendewasaan dirinya. Si anak juga mudah untuk dilatih mandiri, serta siap menghadapi pelajaran di sekolah. Sayangnya, tidak banyak orang tua yang tahu cara meningkatkan dan menjaga kecerdasan anak sejak kecil tesebut, terutama di golden age.

Bagaimana caranya agar otak berkembang dengan baik dan sehat? Ada beberapa hal yang terpenting untuk Anda perhatikan agar anak kecerdasan anak Anda semakin cepat berkembang.

1. Perhatikan gula darah anak
Untuk dapat bekerja lebih baik, juga berkembang dengan cepat, maka dibutuhkan gula yang cukup di otak. Tetapi hati-hati, karena terlalu tinggi bisa membuyarkan konsentrasinya, justru membuat anak Anda malah terlalu hiperaktif, mudah marah dan menangis.

Terlalu rendah gula juga harus dihindari. Karena, terlalu rendah gula akan membuat anak Anda malah tidak bisa berkonsentrasi dan fokus. Malahan, tubuhnya juga akan menjadi lemah dan tak berenergi. Bahkan bisa berpengaruh pada tingkat kecerdasan anak Anda, yang bisa menurun bila tidak diberi asupan dengan baik setiap harinya.

Gula ini didapatkan dari makanan yang berkarbohidrat. Tidak apa-apa juga anak Anda tetap makan camilan, namun jangan berlebihan. Makanan sepeti oats, nasi merah, roti gandum, sayur-sayuran dan dipadukan dengan makanan berprotein tinggi agar gulanya cukup dan tidak berlebih, juga tidak kurang.

2. Perhatikan kebutuhan minyak
Biji-bijian dan kacang-kacangan mengandung minyak sehat yang sangat dibutuhkan otak untuk bekerja. Tidak hanya itu, minyak tersebut akan menjadi lemak yang menjadikan "bahan bakar" untuk otak bekerja lebih baik. Dari mana saja minyak tersebut berasal?

Perlu diketahui bahwa 60 persen di otak terdiri dari lemak. Lemak itulah yang nantinya berasal dari minyak sehat dari berbagai jenis makanan tersebut. Ingat, bila kebutuhan tersebut tercukupi, maka anak tentu akan menjadi semakin cerdas. Tapi, bila kurang, maka jelas ada pengaruh pada kecerdasan anak Anda.

Selain biji-bijian dan kacang yang disebut sebelumnya, Anda bisa juga memadukannya dengan jenis-jenis ikan, seperti ikan makerel, tuna, salmon dan sebagainya. Sebab, jenis ikan tersebut juga mengandung minyak sehat yang dibutuhkan otak.

3. Perhatikan vitamin dan mineral
Vitamin dan mineral tentu sangat dibutuhkan untuk menjadikan perkembangan otak anak menjadi lebih berkembang. Kinerja otak tetap terjaga, dan bisa berkembang dengan sangat baik, apabila vitamin dan mineral ini tercukupi.

Untuk itu, perbanyak konsumsi sayuran, gandum, buah-buahan dan sebagainya. Nah, bila masih kurang yakin dengan nutrisi yang masuk ke tubuh anak Anda, Anda bisa mempertimbangkan untuk memberikan vitamin anak tambahan untuk si kecil.

Ada beberapa jenis vitamin anak yang bisa diberikan, mulai dari vitamin otak, berbagai jenis vitamin dan sebagainya. Vitamin anak tambahan tersebut berupa suplemen makanan, atau memang tablet vitamin, sirup dan sebagainya. Asalkan aman dan teruji, juga disukai anak, maka hal tersebut sah-sah saja.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ingin Anak Makin Cerdas, Ini Tipsnya