Berikut 4 Tips Merawat Dress Brokat dengan Tepat Agar Selalu Awet

Untuk menunjang penampilan saat ke acara pesta Anda bisa menimbang memakai dress brokat yang tampil anggun dan elegan. Dress dengan balutan kain brokat memang nampak simpel sebab tidak ada tambahan aksesoris lain karena brokat sendiri sudah menjadi aksesoris pada dress tersebut. Modelnya kebanyakan simpel dan kesan cantik sekaligus elegan dari brokat inilah yang semakin membuatnya terlihat mempesona. Saat memilihnya pastikan mencari ukuran yang pas, jangan kebesaran agar nampak rapi.

Dress satu ini cocok untuk acara pesta apapun, entah pesta ulang tahun maupun kondangan pernikahan. Bentuknya yang berupa dress membuat bahan brokat tetap cocok dikenakan oleh anak muda maupun kalangan remaja. Tentunya memperhatikan model dressnya sendiri, jika memang untuk remaja dan anak muda baiknya memilih dress berpotongan pendek. Apabila model di toko baju kesayangan terbilang terbatas cobalah membandingkan pilihan di salah satu toko online khusus dress kekinian yang menyediakan dress berbahan brokat.

Merawat Dress Berbahan Brokat


Usai mendapatkan dress berbahan kain brokat yang cocok dari segi model, warna, sampai persoalan harga maka selanjutnya adalah merawatnya dengan baik. Supaya bisa dipakai lagi kapan saja dan sekiranya dijual bisa laku lumayan karena kondisinya masih sangat bagus. Berikut tips merawatnya:

1. Cuci dengan tangan,
Kain brokat memiliki motif dari kain yang digunakan sehingga cenderung tipis dan rapuh, baiknya dicuci manual bukan dengan mesin. Mengucek dengan tangan pun dianjurkan tidak terlalu kuat dan lebih aman jika ditekan-tekan saja agar tidak robek.

2. Rendam dulu untuk noda membandel,
Bisa jadi dress brokat yang Anda kenakan ke sebuah pesta terkena noda membandel misal terkena cipratan atau tumpahan jus maupun saos. Kain brokat yang memiliki rongga membuatnya mudah menyerap zat cair sehingga nodanya bisa awet. Supaya bersih kembali usahakan langsung dicuci usai terkena noda, dan rendam dulu dengan air hangat barulah dikucek pelan-pelan maka noda tersebut akan bersih tuntas.

3. Jemur di tempat teduh,
Kain brokat rupanya juga cenderung mudah melar sehingga tidak disarankan dijemur di tempat yang terik. Pilih tempat teduh misal menjemurnya di bawah rindangnya pepohonan atau di emperan rumah agar tidak melar dan gampang robek. Meskipun terkena angin dijamin tetap kering apalagi jika cuaca tidak mendung maupun hujan, karena udara saat cuaca cerah cenderung hangat. Sehingga jangan cemas dress dari brokat kesayangan akan apek.

4. Tidak perlu disetrika dan disimpan dengan cara digantung,
Bahan brokat memang lumayan tipis dan rapuh selain tidak bisa atau tidak aman dicuci memakai mesin. Pun tidak aman jika disetrika, maka biarkan tetap rapi dengan dijemur secara menggantung. Setelah kering pindahkan saja ke hanger lain khusus untuk baju bersih di lemari, sehingga penyimpanan dengan cara digantung memastikan dress tersebut tidak kusut. Kalau memang ada kusut Anda bisa memakai setrika uap dengan suhu rendah.

Memilih dress dengan teliti memang penting namun merawat dress tersebut juga sama pentingnya untuk memastikan dalam kondisi baik dan bersih. Dress yang Anda beli kemungkinan tidak hanya dipakai sekali saja melainkan hingga beberapa kali, jadi rugi kalau tidak dirawat. Keuntungan tambahan dari dress yang terawat baik adalah laku mahal saat dijual kembali. Jadi saat Anda butuh uang cepat tidak perlu mencari pinjaman ke situs belanja online ataupun bank, cukup menjual dress brokat tersebut dijamin cepat dan bebas masalah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Berikut 4 Tips Merawat Dress Brokat dengan Tepat Agar Selalu Awet