5 Cara Hemat Listrik di Rumah

Instalasi listrik rumah rumah sudah menjadi salah satu kebutuhan dasar kehidupan manusia. Beberapa kebutuhan manusia jadi terbantu berkat adanya listrik di rumah. Misalnya, membuat rumah jadi lebih terang karena adanya lampu di rumah. Atau, membuat rumah jadi lebih nyaman karena adanya alat pendingin ruangan atau AC yang menggunakan listrik. Pastinya semakin banyak kita menggunakan daya listrik, semakin banyak pula uang yang kita keluarkan. Karena itu, penting sekali untuk bisa mengelola listrik agar jadi lebih hemat. Simak lima cara untuk menghemat agar bayar listrik tidak jadi mahal lagi di bawah ini!

5 Cara Hemat Listrik di Rumah

5 Cara Hemat Listrik di Rumah

1. Lampu LED
Coba periksa lampu Anda, apakah masih menggunakan lampu biasa atau sudah menggunakan lampu dengan teknologi LED atau Light Emitting Dioda. Jika masih menggunakan lampu biasa, segera ganti dengan lampu LED yang ternyata bisa menghemat energi listrik yang cukup besar. Walau memang, harganya yang cukup mahal dibandingkan dengan lampu biasa, tapi pikirkan untuk penggunaan jangka panjangnya. Meski mahal di awal, tapi lampu ini bisa menghemat tagihan listrik Anda di rumah.
Tak hanya hemat energi, lampu LED juga jauh lebih terang karena Watt yang digunakan jauh lebih rendah, namun cahaya yang terpancar jauh lebih terang. Sehingga dengan menggunakan satu buah lampu biasa, energi yang digunakan bisa untuk menyalakan lebih dari delapan lampu LED loh!

2. Matikan Lampu
Anda bisa sangat menghemat listrik dengan mengubah kebiasaan Anda. Baik di siang hari atau di malam hari. Saat siang hari misalnya, karena ada cahaya alami yang berasal dari matahari, Anda bisa menghemat listrik dengan tidak menyalakan lampu. Saat sore hari pun demikian, Anda bisa menyalakan satu lampu saja jika memang di ruangan tersebut terdapat dua lampu. Nah, saat malam hari, Anda harus bisa mengatur bagian rumah mana sajakah yang tidak membutuhkan lampu. Misalnya, mematikan lampu di ruang tamu yang kosong. Atau hanya sekadar mematikan lampu kamar mandi setelah digunakan. Lebih peka untuk menentukan mana yang harus digunakan dan mana yang tidak.

3. Ganti Jadi Prabayar
Masih banyak orang yang ragu untuk beralih kepada listrik dengan sistem prabayar. Padahal, Anda bisa melakukan penghematan dengan menggunakan listrik prabayar karena lebih mudah mengontrol pemakaian listrik. Tak hanya itu, Anda juga tidak perlu membayar biaya abodemen setiap bulannya seperti menggunakan listrik pascabayar. Segera ganti jadi prabayar supaya bisa lebih hemat!

4. Hemat Memakai AC
Tahukah Anda bahawa salah satu peralatan elektronik yang mengonsumsi lebih banyak listrik dibandingkan dengan peralatan listrik lainnya adalah AC? Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan Anda untuk menyalakan dan membiarkan AC ketika Anda sedang tidak berada di ruangan. Tak hanya itu, ketika Anda menyalakan AC dengan suhu yang rendah juga membuat AC bekerja lebih keras sehingga membutuhkan konsumsi daya listrik yang lebih banyak juga.

5. Biasakan Menghemat
Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa melakukan pengematan. Salah satunya adalah dengan mengganti kebiasaan Anda. Misalnya ketika bepergian, Anda sering menyalakan lampu di luar rumah untuk menunjukkan bahwa rumah Anda sedang berpenghuni. Padahal, Anda bisa mengganti lampu Anda dengan lampu yang bisa otomatis menyala sehingga tidak perlu dibiarkan menyala terus-terusan. Begitu pula halnya dengan kebaisaan mematikan lampu kamar mandi setelah digunakan.

Salah satu kebiasaan yang lazim terjadi adalah kebiasaan untuk tidak mencabut steker dari saklar listrik. Ternyata, meskipun Anda tidak menggunakan peralatan elektronik tersebut, namun tercolok ke saklar, konsumsi energinya bisa mencapat 40% dari konsumsi listrik biasa loh

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Cara Hemat Listrik di Rumah