Mengenali Tanda Lahir atau Kelainan pada Kulit sejak Bayi

Ketika sedang menjenguk bayi yang lahir, pernahkah Anda menemukan tanda lahir pada tubuh si kecil? Tanda lahir biasanya berwarna sedikit gelap dan letaknya berada di beberpaa bagian tubuh bisa jadi pada telinga, hidung, mulut, tangan, kaki dan masih banyak lagi. Banyak orang percaya bahwa tanda lahir memiliki arti dalam hidup si anak. Letak tanda lahir di bagian tubuh juga disebut mempengaruhi karakter orang tersebut.

Kepercayaan ini juga tidak sedikit yang mengiyakan atas keococokan yang terjadi antara sifat yang disebut dengan letak tanda lahir yang dimiliki. Padahal, menurut dunia media tanda lahir dianggap sebagai kelainan yang terjadi pada kulit. Kelainan tersebut dapat disebabkan karena jumlah yang berlebih pada pembuluh darah, sel pigmen, folikel rambut, epidermis, kolagen, elastin atau lainnya. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi munculnya tanda lahir tersebut.

Mengenali Tanda Lahir atau Kelainan pada Kulit sejak Bayi

Jika biasanya menemukan tanda lahir berwarna hitam atau gelap, sebenarnya ada banyak warna tanda lahir yang bisa jadi muncul. Tanda lahir biasanya disebut dengan istilah nevus  atau naevus yang memiliki arti tanda dari ibu. Berikut ini merupakan beberapa tanda lahir yang perlu Anda ketahui.

Hemangioma
Warna tanda lahir hemangioma adalah merah lalu bisa menipis menjdi merah muda. Tanda lahir ini bisa disebabkan karena beberapa pembuluh darah yang tidak aktif namun muncul pada permukaan kulit. Nama hemangiona juga disebut sebagai salmon patches, strawberry hemangiona atau cavernous hemangiona. Tanda lahir hemangiona bisa jadi menghilang sendiri seiring waktu.

Nevus Anemicus
Ada mitos yang menyebutkan bahwa tanda lahir warna putih akan menyebabkan Ibu mengalami keguguran. Mitos ini tentu saja tidak benar. Arti tanda lahir warna putih menurut Islam juga tidak disebutkan adanya. Tanda lahir berwarna putih disebabkan karena kulit yang memiliki pembuluh darah terbatas. Jika warnannya putih pucat disebut nevus anemicus yang lebih sering terdapat pada wanita dibandingkan dengan pria.

Jika Anda mencubit tangan Anda yang memiliki bercak putih tersebut, maka  tidak akan ada perubahan warna yang terjadi pada bagian tersebut. Umumnya kulit yang terkena panas, dingin atau adanya trauma akan mengalami perubahan warna kemerahan. Namun, hal ini tidak akan Anda temukan pada kulit yang memiliki tanda lahir putih nevus anemicus. Pembuluh darah yang terbatas, disebabkan karena adanya penyempitan pembuluh darah.

Nevus Depigmentosus
Selain tanda lahir warna putih nevus anemicus, juga terdapat tanda warna putih yan disebut nevus depigmentosus. Bentuknya kecil-kecil semacam percikan cat berwarna putih pucat. tanda lahir berwarna putih ini merupakan kelainan kulit yang tidak berbahaya dan bentuknya biasanya tidak berubah meski seiring waktu berjalan. Namun, jika nevus depigmentosus ini berasa mengganggu penampilan, Anda bisa menghilangkannya dengan beberapa cara seperti fototerapi, excimer laser atau bisa juga dengan pencangkokan kulit.

Mongolian Spots
Bercak-bercak tanda lahir berwarna hitam, abu-abu, biru atau seperti lebam merupakan tanda lahir yang disebut Mongolian spots. Bercak ini umumnya bisa Anda temui di punggung atau pada paha. Tanda lahir ini disebabkan karena pigmen pada bagian belakang tubuh bayi ketika terperangkap ketika pembentukan sistem saraf.

Port Wine Stain
Warna tanda lahir merah atau keunguan menjadi ciri tanda lahir yang disebut port Wine Stain. Kelainan tanda lahir ini bisa semakin bertambah gelap warnannya seiring bertambahnya usia. Bentuknya tidak beraturan dan umumnya tanda lahir ini terletak di wajah. Penyebab port wine stain yaitu sebab terjadinya kelainan saraf atau juga bisa disebabkan malformasi pada gen. Jika Anda merasa terganggu penampilannya dengan adanya tanda lahir ini bisa dihilangkan dengan metode flashlamp Pulsed Dye Laser.

Nevus Congenital
Tanda lahir nevus congenital memiliki ukuran yang kecil berbentuk seperti tahi lalat. Warnanya hitam atau cokelat bahkan sebagian ada yang memiliki rambut. Jika Anda memiliki nevus congenital yang semakin lama semakin membesar, harap waspada sebab bisa jadi merupakan pertanda ganas. Selain nevus congenital, juga terdapat nevus epidermal, nevus nevoseluralis, atau nevus jaringan ikat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengenali Tanda Lahir atau Kelainan pada Kulit sejak Bayi