Beberapa Barang yang Bisa Anda Sumbangkan untuk Kelaparan di Somalia

Kasus kelaparan di Somalia memang sudah pernah terdengar di tahun 2011 silam dan diprediksi tahun 2017 ini kasus yang sama akan terulang. Tercatat pada bencana kelaparan yang terjadi di tahun 2011 lalu menelan korban mencapai 260 ribu orang. Korban meninggal akibat bencana kelaparan dan beberapa diantaranya adalah balita dan anak-anak. Bencana kelaparan sendiri bisa dikategorikan ke dalam bencana alam sebab mayoritas disebabkan oleh perubahan musim yang terlalu merugikan. Somalia buktinya, 80% bencana kelaparan disebabkan kekeringan dan curah hujan yang sedikit. 

Faktor lain yang memicu bencana kelaparan ini adalah peperangan yang berkepanjangan dengan militan Al-Shabaab. Alhasil proses distribusi bahan pangan terhambat dan mengakibatkan harga kebutuhan pokok terutama pangan di Somalia melonjak drastis. Ada banyak korban bencana kelaparan ini dan jika musim kemarau tidak menunjukan tanda akan segera berakhir. Dipastikan tahun ini pun bencana tersebut kembali terulang dan bisa jadi menelan korban lebih banyak. Mendapati fakta seperti ini tentu lumrah nya terketuk hati untuk memberikan bantuan. 

Beberapa Barang yang Bisa Anda Sumbangkan untuk Kelaparan di Somalia

Beberapa Barang yang Bisa Anda Sumbangkan untuk Kelaparan di Somalia

Bantuan Apa Saja yang Bisa Diberikan? 

Korban bencana kelaparan sepertinya tidak hanya memerlukan bantuan berupa makanan, namun lebih dari itu. Anda yang berencana memberikan bantuan bisa memberikan beberapa barang berikut: 

1. Memberikan uang tunai,
Uang tunai menjadi bantuan yang cukup berarti bagi para pengungsi bencana kelaparan yang terjadi di Somalia. Berbekal bantuan uang dari Anda maka mereka akan memiliki kemampuan untuk membeli beberapa jenis kebutuhan, terutama kebutuhan pangan. Uang pun menjadi bantuan yang bisa dibelikan apa saja yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan korban bencana yang menerimanya. Melihat fakta ini bisa dikatakan bantuan uang tunai terbilang efektif. 

2. Menyerahkan sembako dan makanan instan, 
Bencana kelaparan membuat ketersediaan bahan pangan di Somalia sedikit bahkan di beberapa titik wilayah menjadi sangat langka. Bantuan dalam bentuk sembako tentu sangatlah tepat dan efektif sehingga mereka bisa mengolahnya sendiri. Sembako ini umumnya tahan lama dan mereka bisa mencari lauk yang tersedia di dekat mereka. Selain sembako bisa pula memberikan makanan instan sehingga mudah untuk dibuat dan dinikmati siapa saja. Perut yang kelaparan akan lebih kenyang sehingga bisa beraktivitas kembali menggarap lahan pertanian. 

3. Memberikan beberapa jenis obat-obatan,
Kelaparan yang disebabkan oleh masalah kekeringan yang berkepanjangan tentunya akan membuat lingkungan sekitar jauh dari kata kondusif. Kekeringan membuat persediaan air bersih terbatas dan tentu saja berimbas pada sanitasi yang buruk. Kelaparan di kawasan Somalia tidak hanya membuat korbannya menahan lapar yang sangat sampai berhari-hari namun juga mengalami beragam wabah penyakit. Memberi bantuan dalam bentuk obat-obatan tentu sangat berarti sehingga para korban yang jatuh sakit bisa sembuh tanpa mengeluarkan uang, berkat bantuan yang diterimanya. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Beberapa Barang yang Bisa Anda Sumbangkan untuk Kelaparan di Somalia