Mengenal Pengertian Zakat Fitrah dan Manfaatnya

Mengenal Pengertian Zakat Fitrah dan Manfaatnya - Zakat menurut bahasa ialah pencuci dan menurut istilah agama Islam, zakat merupakan kadar harta tertentu yang diberi pada yang berhak menerimanya sebagai syarat. Dalam hal ini terdapat 2 macam zakat yakni zakat fitrah dan zakat mal. Untuk zakat fitrah, sebenarnya apa pengertian zakat fitrah tersebut? Setiap muslim yang taat pada Allah SWT diharuskan menyadari pelaksanaan ibadah puasa dan di ikuti dengan menunaikan zakat fitrah. zakat fitrah adalah pembersih jiwa dan merupakan mata rantai alamiah saat berada di bulan ramadhan. Bila kita mencermati, hubungan zakat fitrah dengan puasa mempunyai hubungan sebab akibat.


Adapun landasan pelaksanaan zakat fitrah ini tertulis di dalam kitab suci Al Quran. zakat fitrah memiliki berbagai macam fungsi seperti melaksanakan perintah Allah SWT hingga untuk melengkapi kekurangan alamiah pada bulan ramadhan agar mendapatkan pahala yang sempurna. zakat fitrah juga difungsikan agar setiap muslim memiliki kepribadian dermawan dan peduli pada sesama, disamping itu zakat fitrah dapat digunakan sebagai pengamalan akhlak luhur.

pengertian zakat fitrah


Besarnya zakat fitrah yang harus dikeluarkan sebanyak satu sha’ berupa bahan makanan penduduk. Takaran satu sha’ ini berdasarkan informasi dari berbagai pihak adalah 2,5 kg, tetapi dalam prakteknya karena jenis beras beraneka ragam dan mempunyai kandungan air yang berbeda, beberapa pihak berpendapat dan menyimpulkan jalan aman jika satu sha’ lebih baik 3 kg. Pelaksanaan zakat fitrah ini sendiri ada beberapa macam pendapat yang berbeda, beberapa waktu yang bisa dilaksanakan seperti sesudah subuh sebelum melakukan shalat ied. Waktu wajib sebenarnya mulai terbenamnya matahari di akhir ramadhan.

Selanjutnya ialah apa saja yang dapat dizakatkan. zakat fitrah adalah makanan pokok seperti gandum dan beras tergantung dari dimana tempat tinggal. Tetapi, terdapat perbedaan yakni larangan pembayaran zakat fitrah menggunakan uang karena zakat fitrah adalah hak dari fakir miskin yang digunakan untuk menutupi kebutuhan mereka.

Ada beberapa manfaat dari zakat fitrah, seperti:

  1. Memberi ketenangan. Sesudah menunaikan zakat fitrah, diri kita juga akan merasa tenang dan tidak merasakan beban secara kondisi karena sudah menjalankan tanggung jawab serta kewajiban yang ada,
  2. Menumbuhkan akhlak mulia. Anda akan menghilangkan sifat seperti kikir, rakus dan yang lainnya,
  3. Membantu orang yang miskin. Kita bisa membantu orang miskin sehingga tetap merasakan kegembiraan ketika hari raya,
  4. Membiasakan disiplin. Saat kita membayar zakat fitrah lebih-lebih dalam membayarnya terdapat batas waktu, kita secara pribadi akan melatih untuk lebih disiplin, hal ini juga menjadi manfaat dari zakat fitrah itu sendiri,
  5. Memberikan sikap saling tolong menolong. Untuk aspek ini, tentunya saat seseorang memberikan zakat fitrah pada orang miskin, secara tidak langsung mereka adalah orang yang mampu membantu warga miskin, inilah yang disebut sebagai tolong menolong.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengenal Pengertian Zakat Fitrah dan Manfaatnya