Tips Perawatan kulit wajah dengan Cara-cara yang Alami

Perawatan kulit wajah sangatlah penting karena wajah adalah bagian yang sering dilihat oleh orang lain. Terutama bagi wanita yang lebih peduli dengan kecantikan. Banyak produk kecantikan yang beredar di pasaran. Dari yang bisa dengan mudah kita temukan di toko atau supermarket, sampai produk kecantikan dengan harga yang fantastis yang biasanya hanya dijual di klinik-klinik kecantikan.

Memakai produk buatan pabrik sah-sah saja, apalagi banyak orang yang juga memakainya. Namun lain masalah jika ternyata kulit Anda mengalami alergi atau malah iritasi dengan produk kecantikan tersebut. Karena biasanya produk dalam kemasan mengandung beberapa zat kimia yang bisa memicu alergi atau iritasi.

Tips Perawatan kulit wajah dengan Cara-cara yang Alami

Apabila Anda termasuk orang yang mengalami alergi atau iritasi, jangan khawatir. Ada banyak cara perawatan kulit wajah yang alami dari bahan-bahan yang mudah didapat disekitar kita. Kita pun tak perlu mengeluarkan uang berlebih untuk membeli produk-produk kosmetik. Berikut beberapa bahan alami untuk merawat wajah Anda di rumah:

1.       Jeruk nipis
Jeruk nipis dikenal banyak mengandung vitamin C sebagai anti oksidan. Jeruk nipis juga dapat mengecilkan pori-pori wajah Anda sehingga terlihat semakin halus. Cara penggunaannya sangat mudah, belah jeruk menjadi 2 bagian, peras airnya lalu usapkan merata di wajah. Bilas dengan air hangat sampai bersih.

  1. Apel
Buah Apel sangat baik untuk mengurangi minyak berlebih di wajah. Bagi Anda yang wajahnya berminyak, tips ini sangat mudah dipraktekkan. Blender apel sampai halus, lalu usapkan ke wajah. Jangan dicampur air ya. Setelah itu cuci wajah sampai bersih.

  1. Tomat
Tomat sangat banyak khasiatnya untuk kulit. Mulai dari menghilangkan komedo, jerawat, dan flek hitam. Caranya sama dengan apel, blender tomat lalu oleskan ke wajah, diamkan sampai mengering lalu bilas.

  1. Bengkoang
Siapa tak tahu manfaat bengkoang? Bengkoang dipercaya dapat memutihkan kulit dan memudarkan flek hitam di wajah. Caranya ambil sebuah bengkoang, kupas kulitnya. Blender sampai halus lalu peras. Diamkan air perasan bengkoang beberapa saat sampai mengendap. Buang airnya dan gunakan endapan itu sebagai masker. Lakukan rutin minimal seminggu 2 kali untuk hasil optimal.

  1. Kentang
Selain bengkoang kentang juga dapat memutihkan kulit. Caranya parut kentang, campurkan dengan madu. Gunakan sebagai masker kulit.

  1. Pisang
Pisang dapat memberikan kulit Anda kelembaban. Apalagi untuk Anda yang berkulit kering. Campurkan pisang dengan madu, setelah di haluskan. Gunakan sebagai masker.

  1. Air cucian beras
Pertama Anda harus pastikan beras tersebut tanpa pemutih ya. Gunakan air cucian pertama untuk membasuh wajah Anda tiap pagi hari.

  1. Paprika
Paprika dapat digunakan sebagai pembersih wajah. Blender paprika merah atau hijau, gunakan sebagai masker selama 15 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

  1. Yogurt
Yogurt selain enak untuk dikonsumsi juga dapat menambah kelembaban kulit. Campurkan yogurt dengan madu, oleskan di wajah biarkan sepuluh menit sebelum dibilas.

  1. Almond
Campurkan almond dengan sedikit susu dan kunyit, caranya pada pagi hari rendam almond dan kunyit dalam susu, kemudian pada sore harinya ambil kunyit, haluskan almond di dalam susu. Gunakan campurannya untuk wajah dan leher. Biarkan semalaman, bilas pada keesokan harinya. Lakukan dua minggu sekali.

Itulah tips-tips perawatan kulit wajah sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah. Anda bisa memulai dengan bahan yang Anda temukan dulu di dapur Anda. Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Perawatan kulit wajah dengan Cara-cara yang Alami