Ketahui Tugas Lembaga Pengelola Wakaf Pangan

Ketahui Tugas Lembaga Pengelola Wakaf Pangan - Wakaf merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan bagi yang mampu. Wakaf ini sendiri jika dimanfaatkan secara maksimal bisa menjadi jalan untuk banyak orang dalam meningkatkan perekonomian umat. Untuk harta dalam wakaf sendiri diharuskan yang bisa memberikan manfaat untuk selamanya agar bisa terus dimanfaatkan seterusnya. Untuk pengelolaan wakaf di Indonesia sendiri ternyata masih belum terlalu maksimal, terbukti dengan banyaknya harta wakaf yang justru banyak terbengkalai sehingga tidak maksimal dalam pengelolaannya.


Kini sudah tersedia lembaga pengelola wakaf pangan yang dapat membantu untuk mengurus dan mengelola wakaf di masyarakat sehingga pengelolaannya lebih teratur dan profesional serta diharapkan bisa menyentuh ke berbagai kalangan. Selain wakaf berbentuk tanah, Anda juga bisa mengikuti program wakaf jenis lainnya, diantaranya:


1.       Wakaf pangan
Wwakaf pangan ini bisa menjadi salah satu cara untuk membantu umat yang mengalami krisis pangan. Ragam jenis untuk wakaf pangan diantaranya:

     Wakaf sawah - pengelolaan wakaf yang dibentuk menjadi lahan pertanian sehingga dapat menghasilkan pangan dengan sistem banyak manfaat. Dengan begitu, maka akan bisa menghasilkan bahan pangan yang lebih berkualitas dengan surplus besar sehingga mampu menopang kebutuhan untuk pangan masyarakat.
     Wakaf sumur - pengadaan sumber air juga bisa dilakukan dengan melakukan wakaf dalam bentuk sumur. Nantinya sumur ini akan diadakan berupa sumber air di wilayah atau daerah yang kekeringan.

2.       Wakaf pendidikan
Demi memperkuat pondasi di masyarakat maka diharapkan untuk memberikan sumbangsih berupa wakaf pendidikan. Program wakaf pendidikan ini bisa dilakukan dengan melakukan penyaluran dana wakaf yang Anda miliki untuk pembangunan sarana prasarana untuk kepentingan pendidikan seperti sekolah dan madrasah sehingga dapat memastikan anak usia sekolah akan bisa mendapatkan pendidikan secara layak.

3.       Wakaf kesehatan
Program wakaf kesehatan ini diadakan sehingga bisa memberikan bantuan berupa ambulans hingga obat-obatan dalam mendukung rumah sakit yang bertujuan untuk membantu kemanusiaan.

4.       Wakaf ekonomi
Wakaf juga bisa dimanfaatkan untuk membangun perekonomian umat. Wakaf ekonomi ini bisa dibentuk menjadi wakaf ternak, wakaf properti hingga wakaf saham.

Tugas utama dari pengelola wakaf ini adalah untuk mengurus dan memberikan binaan serta pelayanan yang didapatkan dari harta wakaf masyarakat. Tujuannya tentu untuk bisa memperoleh manfaat yang maksimal sehingga harta wakaf tersebut bisa secara maksimal tersalurkan kepada pihak yang betul-betul membutuhkan.

Selain itu, tugas dari pengelola di dalam kepengurusan wakaf ini adalah untuk meningkatkan kelayakan serta produksi harta wakaf sehingga bisa mencapai target yang sudah ditentukan demi bisa memberi manfaat sebesar-besarnya. Tak hanya sekedar berusaha meraup untung saja, namun pengelola juga harus bisa menjaga pokok harta wakaf dan melakukan pemeliharaan serta penjagaan sehingga n

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ketahui Tugas Lembaga Pengelola Wakaf Pangan