Cara Melakukan Over Kredit Rumah Melalui Bank dan Kelebihan Serta Kekurangannya

Saat ini, banyak orang yang lebih memilih untuk membeli rumah yang sedang dalam masa kreditnya, atau biasa yang sering disebut over kredit rumah. Yang dimaksud over kredit rumah adalah membeli atau mengambil rumah yang sedang dalam masa kredit dan melanjutkan kreditan tersebut sampai lunas dengan pihak yang bersangkutan, dan dalam hal ini contohnya adalah pihak bank.


Cara Melakukan Over Kredit Rumah Melalui Bank dan Kelebihan Serta Kekurangannya

Walaupun banyak orang yang menginginkan untuk melakukan over kredit rumah, tak sedikit juga orang yang tidak tahu caranya melakukan over kredit dengan bank. Berikut ini tata cara melakukan over kredit rumah dengan bank!

  1. Kedua belah pihak, yaitu penjual dan pembeli bersama-sama menghadap administrator customer service dari bank yang bersangkutan untuk melakukan peralihan hak yang dimaksud.
  2. Mengajukan permohonan ambil kredit yang nantinya akan bertindak sebagai debitur baru yang menggantikan posisi debitur lama.
  3. Setelah pihak bank memberikan persetujuan dengan dengan meneliti terlebih dahulu persyaratannya, maka pembeli akan bertindak sebagai debitur baru menggantikan posisi penjual sebagai debitur lama. Kemudian, pembeli akan menanda-tangani perjanjian kredit baru atas namanya sendiri, beserta akta jual beli dan pengikatan jaminan (SKMHT).
Melihat tata cara melakukan over kredit rumah langsung melalui bank diatas memang relatif susah, tetapi jaminan keamanaannya sangat terjamin. Jadi, lebih dianjurkan untuk melakukan over kredit rumah langsung melalui bank demi keamanan jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Tetapi, Anda harus melihat kelebihan dan kekurangan melakukan over kredit rumah melalui bank dibawah ini.

Kelebihan :
  • Sertifikat rumah sudah bisa dibalik nama sesuai dengan nama pembeli (debitur baru) meskipun masih tetap menjadi jaminan dibank dan baru bisa diambil setelah kredit rumah lunas.
  • Pembeli (debitur baru) bisa mengangsur ke bank atas nama sendiri.
Kekurangan :
  • Proses pengajuan sebagai debitur biasanya lebih rumit.
  • Memakan waktu yang lama.
  • Ada kemungkinan debitur baru akan ditolak oleh pihak bank.
  • Biaya yang relatif mahal untuk proses alih debitur, karena harus sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang dimiliki oleh masing-masing bank.
Cara Melakukan Over Kredit Rumah Melalui Bank dan Kelebihan Serta Kekurangannya - Setelah melihat tata caranya, kelebihan serta kekurangannya sekarang Anda sudah bisa memilih apakah akan melakukan over kredit rumah melalui bank atau tidak. Untuk mendapatkan tempat over kredit rumah yang tepat, Anda bisa mengandalkan situs terpercaya Urbanindo.com. Urbanindo akan memilihkan penyedia jasa over kredit terbaik dan membantu mengajukannya untuk Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Melakukan Over Kredit Rumah Melalui Bank dan Kelebihan Serta Kekurangannya